Advanced Search
More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Merawat dan Membersihkan Peralatan Dapur

Posted by admin on 31 October, 2019
| 0

Dapur merupakan bagian terpenting dari sebuah rumah, meskipun letaknya selalu dibelakang, tapi dari sinilah munculnya kebahagiaan keluarga. Dari dapurlah kehangatan dan kenyamanan keluarga tercipta, tentunya melalui masakan-masakan yang dihidangkan oleh Bunda tercinta. Ibarat kata dapur adalah workshop bagi ibu-ibu dirumah.

Selain desain dan penataan dapur yang nyaman, perlu dilengkapi dengan peralatan dapur yang memadai. Aktivitas memasak yang sangat intens terkadang menyisakan sisa-sisa kotoran yang sering luput dari perhatian kita. Jika dibiarkan terus menurus, kotoran tersebut tentunya akan menjadi sumber penyakit dan lambat laun akan merusak perabotan.

Peralatan dapur butuh dirawat agar gak cepat rusak. Kalau alat memasak bisa tahan lama, kan lumayan ada pengiritan. Coba deh tengok dapurmu, paling gak ada tiga bahan material yang biasa digunakan pada peralatan dapur, yaitu plastik, besi, dan kayu. Karena memiliki tekstur dan daya serap yang berbeda-beda, maka berbeda pula cara merawat ketiga bahan perabotan dapur tersebut.

Menjaga kebersihan dapur dan peralatan memasak didalamnya bukan perkara mudah, lho. Terkadang, Anda pasti merasa malas melakukannya. Selain memasak, masih pula harus bersih – bersih. Apalagi jika bagian belakang wajan dan panci berkerak. Bagaimana cara membersihkannya? Bagaimana cara menghilangkan kerak gosongnya? Anda perlu menjadi Ibu-Ibu cerdas untuk melakukannya! Karena banyaknya hal yang harus dibersihkan di dapur, Anda bisa menggunakan cara membersihkan peralatan dapur berikut ini agar bisa menghemat waktu dan juga tenaga.

Panci

Setelah memasak selesai, kemudian kita baru menyadari kalau pancinya ternyata gosong ? Terlebih jika panci itu adalah panci kesayangan. Sebenarnya membersihkan panci yang gosong cukup mudah, lho! Sebagai tindakan pencegahan, ketika memasak, pastikan bahwa nyala api dari kompor tidak terlalu besar. Api kecil ataupun sedang sudah cukup. Namun, apabila sudah terlanjur gosong, kita bisa membersihkannya dengan menggunakan baking soda dan air. Campur kedua bahan tersebut, oleskan secara merata ke bagian panci yang gosong, dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, kita bisa mencucinya seperti biasa hingga bersih. 

Wajan dan Teflon

Jika wajan yang kita miliki baru, biasakan mengoleskan bagian belakangnya dengan minyak goreng, tipis saja, agar tidak berkerak. Ini juga dapat menjaga warna aslinya. Hindari merendam terlalu lama wajan yang telah gunakan. Jika menggunakan wajan untuk memasak bumbu yang pekat dan kental, basuh dengan air terlebih dahulu dan diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut melunak, basuh dengan air terlebih dahulu dan diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut melunak, dan mudah dibersihkan seperti biasa.

Pisau dan Gunting

Selesai menggunakan pisau, segera cuci hingga bersih dengan air mengalir lalu keringkan. Pastikan kita melapnya dengan tisu atau lap hingga kering, sebab pisau yang basah lebih rentan berkarat. Setelah itu letakkan di tatakan khusus pisau agar rapi dan jauh dari jangkauan anak. Sama halnya dengan gunting, Sebaiknya langsung dicuci begitu selesai dipakai, keringkan dan simpan dengan baik.

Kompor Gas

Membersihkan kompor secara rutin juga penting, lho! Wajan dan panci saja bisa berkerak, apalagi kompor? Sering digunakan untuk memasak, kompor sebaiknya langsung dibersihkan setelah digunakan. Untuk bekas cipratan minyak, Anda dapat mengakalinya dengan menaburkan tepung, kemudian melapnya hingga bersih.

Talenan

Untuk menjaga talenan tetap bersih tanpa bakteri, begitu selesai dipakai segera oleskan dengan jeruk nipis, lalu siram dengan air panas. Setelah itu cuci seperti biasa, keringkan dan gantung atau letakkan di tempat yang bersih dan kering.

Alat Makan dari Plastik

Peralatan makan dari plastik biasanya lebih mudah berbau dan cepat kotor. Untuk membersihkannya gunakan cairan pencuci piring yang mampu hilangkan lemak dengan baik. Tunggu selama beberapa menit lalu cuci seperti biasa. Keringkan dengan lap sebelum disimpan.

Dengan merawat alat dapur, maka peralatan dapur yang kita miliki akan awet dan selalu terlihat selalu bersih, sehingga kita akan nyaman dalam aktivitas masak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.