Your search results

WOW…SEKARANG BI-CHEKING BISA DILAKUKAN SENDIRI VIA ONLINE !!

Posted by admin on 28 October, 2020
0

Mau beli rumah via KPR tapi takut ga acc bank ? Gimana ya, bisa tidak cek keuangan pribadi yang ga ribet ? Naah…ini solusinya, kamu bisa cek sendiri kondisi keuangan pribadimu dengan mengecek SLIK OJK secara online. Apa itu SLIK OJK ?

Sejak 1 Januari 2018, layanan Sistem Informasi Debitur (SID) atau BI Checking dialihkan dari Bank Indonesis (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Imbasnya nama layanan pun berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)

Apa itu BI Checking yang kini menjadi SLIK OJK ?
SLIK atau dulu populer disebut BI Cheking,adalah sistem untuk mengetahui Informasi Debitur (iDeb), yaitu catatan riwayat atau histori kredit selama debitur memiliki kewajiban membayar cicilan pinjaman. iDeb inilah yang digunakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mengecek apakah calon debitur punya riwayat lancar bayar cicilan atau macet.
Itulah kenapa ketika kamu memiliki pinjaman di bank atau lembaga keuangan lain,kamu harus betul-betul memperhatikan ketertiban cicilan.Itu agar riwayat kredit tetap bagus dan tidak mendapat skor jelek yang akan mempersulit kamu di kemudian hari

Kamu juga bisa mengecek riwayat kreditmu atau kolektibilitas kredit di SLIK OJK. Berdasarkan definisi OJK, Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK adalah sistem yang pengelolaannya berada di bawah OJK dengan tujuan melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, termasuk penyediaan informasi debitur atau IDI Historis.
Informasi Debitur (iDeb) di SLIK OJK berisikan kolektibilitas kredit yang menentukan kualitas kredit debitur.

Kalau kamu melakukan pengecekan Informasi Debitur (iDeb) di SLIK OJK, kamu bakal mendapat informasi-informasi yang mencakup data pokok debitur, lembaga pemberi pinjaman, hingga jumlah dana yang dipinjam. Ini masih ditambah dengan kualitas kredit si debitur (kolektibilitas kredit) yang tercatat dalam bentuk skor.

Berikut ini adalah skor-skor kualitas kredit (kolektibilitas kredit) dalam iDeb di SLIK OJK.

  • Kualitas 1 (Lancar) : si calon debitur punya riwayat kredit selalu bayar cicilan tepat waktu.
  • Kualitas 2 (Dalam Perhatian Khusus/DPK) : si calon debitur punya riwayat pernah telat bayar ataupun nunggak selama 1 – 90 hari.
  • Kualitas 3 (Kurang Lancar) : si calon debitur punya riwayat pernah telat bayar ataupun nunggak selama 91 – 120 hari.
  • Kualitas 4 (Diragukan) : si calon debitur punya riwayat pernah telat bayar ataupun nunggak selama 121 – 180 hari.
  • Kualitas 5 (Macet) : si calon debitur punya riwayat pernah telat bayar ataupun nunggak selama 180 hari.

Si calon debitur lebih berpeluang besar meraih dana pinjaman dengan syarat iDeb berstatus Kualitas 1 (Lancar). Itu berarti bagi yang mau mengajukan pinjaman sebaiknya memiliki riwayat selalu bayar cicilan hingga lunas tanpa telat hingga nunggak sedikit pun.

Perlu diketahui juga, penggunaan paylater yang saat ini lagi gencar kampanyenya ternyata bisa memengaruhi kualitas kredit yang tercatat di iDeb SLIK OJK.

Itu artinya kamu harus hati-hati dalam penggunaan paylater. Sebab kalau sampai terlambat hingga macet melunasi cicilan paylater, kamu bisa mendapat skor jelek lho nantinya.
Namun demikian, masih banyak masyarakat yang belum peduli terhadap BI Checking atau SLIK OJK. Salah satu kasus yang paling banyak terjadi adalah kredit macet.

Padahal, imbas dari kredit macet tersebut akan membuat nama dari nasabah tersebut masuk kedalam daftar hitam perbankan. Efeknya tentu akan menyulitkan yang bersangkutan untuk mendapatkan pinjaman atau kredit.

Tahapan Cek BI Checking Online Melalui SLIK

  1. Siapkan Dokumen Pendukung Cek BI Checking Online

Debitur perorangan :

  • Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa KTP (untuk WNI);
  • Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa paspot (untuk WNA); dan
  • Surat kuasa asli serta fotokopi dan asli identitas pemberi kuasa (bila dikuasakan).

Debitur badan usaha:

  • NPWP;
  • Akta pendirian perusahaan;
  • Perubahaan anggaran dasar akhir yang memuat susunan beserta kewenangan pengurus ditambah dengan identitas asli pengurus dan badan usaha (atau fotokopi terlegalisir); dan
  • Membawa surat kuasa asli, fotokopi dan asli identitas badan usaha, fotokopi dan asli identitas pemberi dan penerima kuasa (apabila dikuasakan).

2. Isi Form Antrian BI Checking Online

Buka situs OJK melalui tautan ini: formulir antrian online OJK.
Melalui tautan tersebut kamu bisa meminta informasi debitur SLIK dengan cara mengisi formulir antrian online.

3. Jam Antrian Online

Layanan antrian online yang dibuka oleh OJK dibagi dalam beberapa sesi berikut ini dan memiliki batas kuota:

  • 08:00 – 09:00
  • 09:00 – 10:00
  • 10:00 – 11:00
  • 11:00 – 12:00
  • 13:00 – 14:00
  • 14:00 – 15:00

Permintaan informasi Debitur SLIK hanya dibuka pada saat hari dan jam kerja saja.

4. Lakukan Verifikasi Data

Kamu akan mendapatkan persetujuan melalui email setelah mengisi formulir antrian online. Nanti kamu akan diminta untuk menghubungi nomor Whatsapp OJK-SLIK yang tertera dalam email untuk menyelesaikan tahap verifikasi data.
Cermati dengan baik isi email supaya terhindar dari kesalahan dan selesaikan tahap verifikasi sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

5. Cek Email

Saat semua tahapan di atas telah kamu lalui, silahkan cek email masuk.
OJK-SLIK akan mengirimkan informasi Debitur SLIK melalui email.
Jika kamu kebingungan membaca informasi debitur, kamu bisa mencari panduan cara membacanya yang telah disediakan OJK melalui situs resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut