Advanced Search
More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

Posted by admin on 18 December, 2019
| 0

Sulit dipungkiri, kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang mudah sekali menimbulkan bau tak sedap. Biasanya, bau tak sedap ini muncul akibat penumpukan kuman seperti bakteri dan jamur akibat jarang dibersihkan. Hal ini dikarenakan kondisinya yang lembab dan memang tempat kotoran. Toilet bau bukan hanya mengganggu kenyamanan dan mungkin juga kesehatan.

Menciptakan kamar mandi yang bersih dan sehat menjadi tugas berat. Setidaknya, Anda perlu membersihkan kamar mandi seminggu sekali. Jangan sampai, saat Anda lalai membersihkannya bau tak sedap mulai keluar di kamar mandi.

Tips Menghilangkan Bau di Kamar Mandi

Berikut ini berbagai cara alami menghilangkan bau tak sedap di toilet dan kamar mandi rumahmu.

  • Pembersih alami dari baking soda dan cuka

Tak suka bau kimia dari cairan pembersih toilet? Kenapa gak bikin pembersih toilet sendiri aja?

Cukup campurkan baking soda, cuka, dan essential oil wangi favoritmu. Baking soda ampuh menetralisir bau tak sedap, cuka berfungsi sebagai pembunuh bakteri, dan essential oil menjadikan cairan ini wangi dengan aroma sesuai keinginanmu.

Siram toilet dan saluran pembuangan air di lantai kamar mandi dengan cairan ini setiap hari, untuk mengusir bau dan membunuh bakteri.

  • Teteskan essential oil ke bagian dalam tissue toilet

Essential oil adalah pengharum ruangan alami yang juga punya segudang manfaat kesehatan, tergantung aromanya. Minyak pengharum ini juga bisa didapat dengan mudah di toko-toko maupun online.

Untuk menghilangkan bau di kamar mandi, coba teteskan essential oil di bagian dalam gulungan tissue toilet. Kamar mandi pun akan wangi semerbak tanpa terlalu menusuk hidung.

  • Bersihkan semua bagian kloset dengan seksama

Banyak orang yang hanya membersihkan dudukan dan lubang toilet saja, namun sumber bau masih menempel di area kloset lainnya. Seminggu sekali, gosok dan bersihkan klosetmu di segala penjuru. Angkat dudukannya dan bersihkan bagian bawahnya. Gosok juga kaki toilet dan bagian belakangnya yang tidak terlihat. Meski tidak terlihat, semua bagian toilet terkena paparan kotoran, sehingga jika tidak rutin dibersihkan bisa menjadi sumber bau.

  • Toples penyerap bau

Ambil toples kecil bekas selai, penuhi dengan baking soda, kemudian tambahkan beberapa tetes essential oil (jangan bosan ya, essential oil memang paling efektif untuk menghilangkan bau di kamar mandi).

Kemudian, tutup bagian atas toples dengan plastik yang diikat kencang. Buat lubang di plastik supaya aroma essential oil bisa keluar, dan bau dari kamar mandi bisa diserap oleh baking soda.

  • Flush toilet dengan cuka

Bau tak sedap dari toilet biasanya muncul dari bakteri yang menempel. Salah satu cara membunuh dan mengusir bakteri ini adalah dengan menyiramkan cuka.

Tuangkan cuka ke permukaan toilet bagian dalam, kemudian siram atau flush toilet sehingga cuka dan air bisa menyebar. Cuka juga bisa dituangkan ke lubang saluran pembuangan air di wastafel, lantai kamar mandi, atau bath tub, yang sering kali mengeluarkan bau tak sedap jika penuh bakteri.

  • Semprotan alami pengharum kamar mandi

Ada botol semprotan bekas yang sudah kosong? Kalau tak ada, coba cari di toko. Mari kita buat semprotan pengharum kamar mand alami. Isi botol semprotan dengan air bersih yang hangat, campur dengan sedikit alkohol pembersih (bisa didapat di apotek), dan beberapa tetes essential oil aroma favoritmu. Gunakan spray ini untuk membersihkan dan mengelap toilet, wastafel, tembok, dan lantai kamar mandi.

  • Rutin ganti keset kamar mandi

Kapan terakhir kali kamu mencuci keset kamar mandi?

Terkadang, bau tak sedap di kamar mandi berasal dari keset yang sudah lama tak diganti. Keset menyimpan banyak sekali bakteri yang berasal dari kontak dengan kaki dan lantai, juga dari cipratan di kamar mandi. Kalau berminggu-minggu tidak diganti, kebayang kotor dan baunya seperti apa, dong? Idealnya, keset kamar mandi diganti minimal seminggu sekali, ya.

Jangan lupa, tips menghilangkan bau kamar mandi di atas tidak akan efektif kalau kamar mandimu jarang dibersihkan. Minimal seminggu sekali, gosok semua sudut kamar mandi mulai dari toilet, wastafel, bak mandi, lantai, hingga tembok dan sela-sela keramik.

Semua permukaan di kamar mandi berisiko terpapar bakteri, sehingga kalau tak dibersihkan bisa menjadi sumber bau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.