Your search results

Masjid Seribu Bulan, Ikon Baru Kota Purwokerto

Posted by admin on 26 October, 2020
0

Kota Purwokerto sebentar lagi akan memiliki ikon baru yang megah dan futuristik yaitu Masjid Seribu Bulan.Masjid yang didesign oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini rencananya akan menempati areal lahan seluas 5 Hektar di Kawasan kota baru Jalan Bung Karno.

Ini adalah Kawasan yang dipersiapkan sebagai pusat pemerintahan baru kota Purwokerto.Selain Masjid Seribu Bulan yang akan dilengkapi danau buatan di sebelahnya,di Kawasan ini juga akan dibangun gedung-gedung pemerintahan,taman-taman,alun-alun dan fasilitas public lainnya. Dan bukan hanya masjid,selanjutnya juga akan dibangun menyusul tempat ibadah agama lain.“Areal ini nanti akan diberi nama area Pancasila, karena disini selain masjid nanti ada tempat ibadah lainnya,” Ujar Bupati Banyumas Ahmad Husein.

Masjid megah ini direncanakan akan dimulai pembangunannya pada bulan Maret 2021.Ini akan menjadi Masjid terbesar Barlinmascakeb yang dapat menampung 3.000 jamaah.

Ridwan Kamil yang datang ke Purwokerto dengan mengendarai motor Bersama istrinya,Sabtu 24 Oktober 2020 kemarin menjelaskan filosofi Masjid diilhami dari Lailatul Qadar.Masjid ini terdiri atas tiga bangunan,masing-masing bangunan didesain menyerupai bulan sabit dengan jumlah banyak. “Ada garis melengkung, ibaratnya begitu, itu filosofinya. Tapi yang terpenting itu harus dimakmurkan, bukan berlomba-lomba bermegah-megahan,” ujar RK.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan anggaran untuk membangun masjid ditaksir mencapai Rp 40 milyar. “Kalau anggaran dari APBD kita lihat dulu disesuaikan dengan keadaan keuangan kita,” katanya.
Dia juga mengatakan bahwa masyarakat nanti bisa turut berpartisipasi untuk beramal jariyah dalam pembangunan masjid “Nanti kami tawarkan ke masyarakat, silakan bagi yang ingin inves akhirat menyumbang. Kami sudah mendirikan Yayasan Rahmatan il’alamin untuk menampung dana dari masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut