Your search results

MARET 2021, BANYUMAS AKAN MILIKI BTS ( TRANS BANYUMAS RAYA)

Posted by admin on 20 November, 2020
0

Setelah memiliki Trans Jateng atau Bus Rapid Transit (BRT), kini satu lagi moda transportasi massal yang modern dan terintegrasi akan hadir di Banyumas, yaitu Trans Banyumas Raya atau Bus Buy The Service (BTS)
Seperti disampaikan oleh Bupati Banyumas Ahmad Husein di akun Instagram miliknya yang diposting pada jumat 30 Oktober 2020.

Dalam unggahannya tersebut terlihat penampakan bagian luar dan dalam Bus BTS dan keterangan yang menyatakan bahwa telah ditadatangani kerjasama antara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjenhub) dan Bupati Banyumas.Insya Allah Maret 2021 akan ada minimal 60 bus BTS yang akan melayani 5 Koridor dalam Banyumas dan 1 Koridor sampai dengan Kroya. Ada banyak halte dengan jeda antar Bus maksimal 10 menit.

Menurut keterangan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, Banyumas merupakan satu diantara lima kabupaten yang mendapatkan bantuan tersebut. Dimana empat diantaranya yakni Surabaya, Bandung, Makassar dan Palembang.

“Bantuan itu pada tahun 2021. Kalau tahap awal sekarang, operatornya dari pihak swasta, kami menyiapkan anggarannya kemudian pihak swasta yang mengelola,” kata dia.
“Kalau Banyumas tahun 2020 mendapatkan bantuan kurang lebih Rp 30-40 miliar,” kata dia.

Terkait program ini, seorang pengusaha transportasi bus di Banyumas, Ipul, mengaku sangat mendukung. Hal ini diungkapkan Ipul saat menghadiri acara Diskusi Rencana Survei Koridor Trans Banyumas Raya di Pendopo Si Panji Purwokerto, Jumat (16/10/2020).

Meskipun ada individu yang melakukan penolakan namun hal itu dapat dikomunikasikan secara baik. Karena, program ini bertujuan meningkatkan pelayanan transportasi di Banyumas.

Ketua Koperasi Pengusaha Angkutan Kota (Kopata) Banyumas Suroso juga mendukung penuh program ini. Apalagi, menurutnya, dalam kondisi pandemi Covid-19 para pengusaha angkutan sedang mengalami keprihatinan.

“Jelas, saat ini jelas ada penurunan penumpang. Kami akhirnya menyatu dan akan memiliki kesempatan banyak terkait program ini,” jelasnya.
Menurutnya, sopir angkutan yang ada saat ini, nantinya bakal berpartisipasi sebagai sopir Trans Banyumas Raya. Namun, mereka harus lolos uji.

Setidaknya, saat ini ada 328 armada angkutan kota, dengan jumlah keanggotaan Kopata tercatat hingga 240 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut