Your search results

Jembatan terpanjang di Indonesia akan mulai dibangun awal tahun 2021

Posted by admin on 6 January, 2021
1

Indonesia kembali akan menorehkan rekor baru jembatan terpanjang mengalahkan Jembatan Suramadu di Jawa Timur yaitu Jembatan Batam-Bintan yang direncanakan akan dimulai pembangunannya awal tahun 2021 ini. Megastruktur ini akan membentang sepanjang 14,75 Km dengan perkiraan anggaran mencapai Rp 8,62 triliun.

Proyek ini memang baru akan dibangun pada awal 2021, tapi lokasinya sudah ditetapkan setidaknya sejak akhir 2019. Saat ini jembatan terpanjang yang sudah berdiri di Indonesia adalah Jembatan Suramadu dengan Panjang 5,43 kilometer yang menghubungkan wilayah Surabaya dengan Pulau Madura.

Berbeda dengan Suramadu yang hanya menyambungkan dua daratan, jembatan Batam-Bintan (Babin) akan melewati beberapa pulau yaitu Pulau Batam dengan Pulau Tanjung Sauh, lalu menyambung ke Pulau Buahbau dan Pulau Bintan.

Memperkirakan bentuk struktur, Jembatan Batam-Bintan rencananya juga akan dibangun tinggi di atas permukaan laut seperti halnya Suramadu. Pasalnya daerah di sekitar area pembangunan merupakan wilayah pelayaran. Jadi selain akan menjadi yang terpanjang, jembatan Batam-Bintan nantinya juga akan menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Mengenai RT/RW, baik di Provinsi maupun Kabupaten Bintan dan Kota Batam sudah diselaraskan untuk mendukung pembangunan Jembatan Batam Bintan. Integrasi pengembangan wilayah Batam sampai Bintan memang dipertegas pemerintah pusat.

One thought on “Jembatan terpanjang di Indonesia akan mulai dibangun awal tahun 2021

  • Ichwan Aditama
    on 19 March, 2021

    jembatan terpanjang di pegang oleh ing martadipura dengan panjang 15,3 km

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut