Advanced Search
More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Jangan Sampai Salah, 4 Tips Memilih Perumahan

Posted by admin on 27 May, 2019
| 0
Jual property tengah kota Purwokerto

Rumah adalah kebutuhan primer, oleh karena itu dalam memilih rumah kita tidak boleh sembarangan melakukannya. Membeli rumah tidak selalu berbicara masalah harga, kualitas bangunan yang kokoh dan kuat dalam jangka panjang, juga bisa pertimbangan tersendiri.

Akhir-akhir ini banyak developer  yang menawarkan konsep perumahan, baik yang bersubsidi ataupun non-subsidi. Ketika mempunyai uang, memilih perumahan non-subsidi akan lebih baik karena sudah dipenuhi berbagai fasilitas menarik, namun apabila memiliki dana yang minim, tidak ada salahnya untuk membeli rumah di perumahan FLPP atau subsidi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih perumahan, jangan sembarangan jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.  Berikut adalah Tips memilih rumah :

1. Reputasi Developer

Bukan rahasia lagi, transaksi jual-beli membutuhkan rasa saling percaya, apalagi rumah yang melibatkan uang tidak sedikit. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih developer/pengembang yang terpercaya. Lihat track record si pengembang dengan berbagai contoh kawasan yang sudah dibangunnya. Apakah menyuguhkan lingkungan yang sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

2. Fasilitas & Akses

Tentulah pemilik rumah tidak ingin kesulitan ketika hendak melakukan aktivitas. Untuk itu, amati fasilitas yang ditawarkan si pengembang. Selain rumah, apalagi fasilitas yang akan dibangun, atau kawasan tersebut dekat dengan sarana apa saja?

Jangan pula melupakan akses, perumahan dengan daerah-daerah tertentu. Misalnya tol, jalan raya, atau stasiun kereta, semua ini akan menyokong mobilitas penghuni ke berbagai daerah tertentu.

3. Metode Pembayaran

Berbagai kemudahan dalam memberikan cara pembayaran juga bisa menjadi alternatif para calon pembeli rumah. Jika memiliki uang tunai, cash keras bisa langsung dilakukan, namun jika tidak, tak ada salahnya memilih sistem KPR atau cash installment/bertahap.

KPR memang memudahkan karena pembayaran bisa dicicil hingga 20 bahkan 25 tahun, namun harga beli cash keras jauh lebih murah karena tidak dikenakan bunga. Sebagai gambaran, rumah subsidi yang harganya Rp 133,5 juta bisa menjadi Rp 250 juta jika ditotal dengan bunga cicilan.

Alternatif lain adalah cash bertahap, harganya naik sekitar Rp 10 juta-Rp 20 juta (tergantung harga pokoknya), namun calon konsumen sudah bisa mencicilnya selama 12 bulan. Bahkan ada beberapa developer yang memberi gimmick installment hingga 36 kali (3 tahun).

4. Seimbangkan Kebutuhan dengan Keinginan

Satu hal yang paling penting dan tak boleh dilupakan adalah pikirkan lagi apakah rumah tersebut tepat untuk Anda? Pikirkan bagaimana jika Anda tinggal di sana, seperti apa lingkungannya dan bagaimana rumah tersebut menyokong kebutuhan Anda sehari-hari? Misalnya bagaimana jarak perumahan dengan lokasi kerja? Bagaimana perumahan tersebut mampu memfasilitasi Anda nantinya? Karena jika membeli rumah, tentulah untuk ditempati, apalagi jika Anda seorang pembeli rumah pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.