Advanced Search
More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Jangan Asal Bersihkan Kompor Gas, ini 5 Cara Bersihkan Kompor Gas Biar Apinya Tetap Biru dan Nggak Karatan

Posted by admin on 19 November, 2019
| 0

Kompor gas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang penting dijaga kebersihannya. Jika kita sering memasak di rumah, biasanya kita akan mendapati kompor gas yang jadi kotor karena sisa makanan dan cipratan minyak. Untuk menjaga agar kualitas api di kompor gas tetap bagus, tentu kita harus rutin membersihkannya.

Hal ini bertujuan supaya bekas cipratan minyak, tumpahan air kuah saat memasak, dan kotoran lainnya tidak terlalu lama menempel yang akan menyebabkan jamur dan karat. Selain itu, membersihkan kompor gas secara keseluruhan perlu dilakukan secara rutin. Ini penting untuk mejaga kualitas api dan kompor jadi nggak cepat rusak.

Sebelum memulai membersihkan kompor gas, perlu diperhatikan hal-hal penting saat membersihkan bagian utama kompor gas berikut ini:

  • Lepaskan ring kompor gas lebih dulu, cuci secara terpisah dan keringkan.
  • Hindari membersihkan tungku dengan air. Gunakan krim pembersih dapur khusus yang dioleskan pada bagian tungku kompor gas, kemudian sikat atau dilap dengan kain.
  • Pada permukaan kompor gas, bersihkan menggunakan cairan pembersih khusus kompor yang disemprotkan kemudian dilap dengan kain.
  • Tutup regulator pada tabung gas dan lepaskan selang gas pada kompor sebelum membersihkan.

Walaupun terkesan sulit, membersihkan kompor gas ternyata mudah dilakukan. Berikut cara dan langkah yang bisa dilakukan supaya kompor gas terbebas dari kotoran dan minyak.

  • Lepaskan ring kompor gas dari tungku dan rendam ring dalam larutan air panas.

Biasanya, ring kompor gas bisa dilepas langsung dari tungkunya. Tapi kalau ringnya menyatu pada tungku, bacalah buku panduan dulu untuk melepaskan dan membersihkannya. Setelah dilepaskan, rendam ring dalam larutan air panas yang ditambah dengan sabun cuci piring dan satu sendok makan asam sitrat selama 2-4 jam supaya kotoran dan kerak terangkat. Terakhir, bersihkan ring dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas, lalu bilas dan keringkan dengan lap kain.

  • Gunakan krim khusus untuk membersihkan tungku kompor. Jangan gunakan air sabun karena akan membuat api nggak nyala dengan sempurna.

Setelah mengoleskan krim khusus pada tungku, diamkan beberapa menit agar krim bekerja maksimal dan bisa meluruhkan lemak dan kotoran. Pada bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi bekas dan sikat bagian tersebut. Terakhir, gosok atau lap tungku dengan spons atau lap.

  • Selain menggunakan cairan pembersih kimia, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menggosok permukaan kompor gas supaya kinclong.

Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan seperti:

  1. Baking soda. Buat larutan dua sendok baking soda dengan air hangat dan taruh dalam botol semprotan. Semprotkan larutan pada permukaan kompor gas, diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan lap dan pastikan nggak ada bekas cairan yang tertinggal.
  2. Jeruk nipis dan cuka apel. Gosokkan potongan jeruk nipis atau cuka apel di permukaan kompor gas dan diamkan beberapa saat. Gosok permukaan kompor gas dengan lap lembap, kemudian keringkan menggunakan kanebo.
  3. Tepung terigu. Sebarkan tepung terigu secukupnya ke permukaan kompor gas yang terkena cipratan minyak, kemudian lap menggunakan kain lembap.
  • Tabung gas juga perlu dibersihkan agar nggak berkarat dan menyebabkan kebocoran pada tabung.

Sebelum membersihkan tabung gas, lepaskan dulu regulatornya. Kemudian, bersihkan tabung dengan cara menyiramnya dengan air dan sikat menggunakan sabun pada seluruh bagian tabung. Setelah selesai menyikat, bilas dengan air sampai bersih. Langkah terakhir, lap tabung sampai benar-benar kering.

  • Setelah mengetahui cara membersihkan kompor gas yang benar, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam merawat kompor gas
  1. Biasakan untuk selalu membersihkan kompor gas dan area sekitarnya setelah selesai memasak.
  2. Jangan menyalakan kompor ketika nggak ada peralatan masak di atasnya.
  3. Setiap selesai memasak, bersihkan bagian tombol dan kenop kompor.
  4. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tabung gas secara rutin.

Kompor gas yang rutin dibersihkan akan menjaga kualitas nyala api tetap biru serta menyebarkan panas secara merata pada peralatan masak. Makanya, setelah masak, jangan malas untuk selalu mengelap kompor gasmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.