Your search results

Jalan Tol Penghubung Pantura & Pansela Akan Mewati Banyumas

Posted by admin on 14 November, 2020
0

Realisasi proyek jalan tol yang menghubungkan antara jalan tol Pantai Utara Jawa (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela),diperkirakan akan dimulai pada 2022 mendatang.

”Paling cepat tahun 2022, sebab harus ada pembebasan tanah terlebih dulu,” kata Irawadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas. Jalan Tol ini direncanakan akan melintasi Kabupaten Banyumas melalui pintu tol Brebes Timur (Brexit) Pejagan-Cilacap.

Hal itu berdasarkan rapat koordinasi di Kementerian Agraria dan tata Ruang (ATR), yang melibatkan Jasa Marga, Kementerian PUPR, Dinas Bina Marga dan Cipta Karya, Bappeda Provinsi Jateng dan empat kabupaten yang bakal dilintasi jalan tol tersebut.

“Jasa Marga beserta konsultan melaporkan, bahwa sudah dilakukan studi terhadap alternatif-alternatif rute, yaitu ada 4 macam (rute). Dari 4 macam itu yang paling bagus skornya itu yang menghubungkan Brebes Timur, langsung Tegal, Bumiayu, Pekuncen, langsung Ajibarang, masuk Wangon dan Cilacap (Pejagan-Cilacap),” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso.

Tiga alternatif lainnya yakni Tegal-Purwokerto-Cilacap, kemudian Tegal-Pemalang-Purwokerto-Cilacap dan Pemalang-Purbalingga-Banyumas-Cilacap. Sedangkan rute tol Pejagan-Cilacap yang melewati Kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas dan Cilacap dari studi kelayakan, skornya dinilai masih tinggi dibandingkan alternatif rute lainnya.

Dia menjelaskan,nantinya tol Pejagan-Cilacap yang melintasi Kabupaten Banyumas terdapat percabangan di pintu tol Ajibarang yang menuju ke Kota Purwokerto dan Bandara Jenderal Soedirman di Kabupaten Purbalingga.

“Tetapi di Ajibarang itu (nantinya) ada cabang ke Kota Purwokerto lewat selatan Purwokerto sampai Bandara Soedirman. Alternatif itu yang nilainya paling tinggi,” ucapnya.

Pembangunan tol Tegal – Cilacap yang bercabang ke Ajibarang, Purwokerto kemudian berakhir di bandara Purbalingga ini tentunya akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi Kota Purwokerto dan sekitarnya,baik dari sisi ekonomi makro maupun mikro. Dan otomastis akan makin menguatkan kota ini sebagai magnet bisnis dan investasi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut