Your search results

Apa sih Perbedaan Rumah Subsidi dan Rumah Komersil (Non-Subsidi) ??

Posted by admin on 23 February, 2021
0

Rumah adalah kebutuhan dasar setiap orang, selain sebagai tempat bernaung ia juga merupakan asset investasi yang paling menjanjikan. Tak heran kebutuhan akan perumahan terus meningkat dari tahun ke tahun.
Memiliki rumah impian tentu menjadi harapan bagi setiap orang, harga yang terus naik setiap tahunnya menjadi problematika sendiri layaknya 2 sisi mata uang. Di satu sisi ini sangat menguntungkan untuk investasi namun di sisi lainnya tentu cukup memberatkan bagi yang berpenghasilan pas-pasan.

Indonesia termasuk salah satu dari beberapa negara di Dunia ini yang punya kebijakan khusus untuk pemenuhan hunian warganya. Dari sinilah kemudian lahir istilah Rumah Subsidi dan Rumah Komersil (non subsidi).
Lantas, apa saja sih perbedaan dari rumah Komersil dan Subsidi ini?

Berikut 3 perbedaannya!

1. Tipe Rumah yang Ditawarkan 

Perumahan subsidi pada umumnya mempunyai tipe bangunan seragam dan terbilang kecil yakni rata-rata tipe 36. Sedangkan Perumahan Komersil lebih bervariatif mulai dari type kecil sampai type besar pun tersedia.

Hal ini akan terlihat di perumahan-perumahan Klaster atau kawasan elit yang menjual rumah sampai tipe 72. Tentu ini menjadi sangat wajar karena perumahan non subsidi memang menargetkan orang yang berpenghasilan menengah ke atas.

2. Harga yang Ditawarkan

Sebagai bagian dari program pemerintah, Perumahan Subsidi jelas memperoleh bantuan pendanaan dari Pemerintah, oleh karenanya KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Rumah Subsidi menjadi lebih murah.

Selain itu, pengajuan KPR Rumah Subsidi juga lebih mudah karena menggunakan bunga flat (tetap). Hal ini terjadi lantaran Rumah Subsidi memang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Sementara untuk Rumah Komersil, harganya jauh lebih mahal, bahkan bisa mencapai miliaran rupiah untuk per-unitnya.

3. Lokasi yang Ditawarkan 

Perbedaan berikutnya selanjutnya yang cukup kentara antara Rumah Subsidi dan Komersil adalah dari segi lokasi. Umumnya, Perumahan Komersil mempunyai lokasi strategis, bahkan beberapa diantaranya berada di pusat kota. Oleh karenanya Perumahan Komersil umumnya memiliki aksesibilitas yang sangat baik ke berbagai fasilitas publik.

Lain halnya dengan Rumah Subsidi yang biasanya berlokasi di pinggir kota dan cukup jauh dari berbagai fasilitas publik.

4. Dari segi renovasi

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil juga bisa dilihat dari perenovasian. Rumah Komersil dapat direnovasi kapan saja dan seperti apa saja oleh pemiliknya. Dengan cara ini, harga jual rumah pun bisa tambah naik. Sedangkan, untuk Rumah Subsidi biasanya harus menunggu dua tahun untuk dapat direnovasi. Selama dua tahun pertama, pemilih Rumah Subsidi tidak boleh mengubah bentuk fisik rumah sedikit pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut