Your search results

7 MEGAPROYEK RAKSASA TERMAHAL DI DUNIA

Posted by admin on 9 January, 2021
0

Seiring dengan perkembangan jaman, negara-negara di dunia berlomba-lomba membangun infrastruktur raksasa dengan biaya yang mencengangkan. Berbagai rekor megaproyek fantastis lahir, dari pembangunan jalan, Gedung-gedung pencakar langit, bandara, jembatan, kota sampai stasiun luar angkasa. Berikut kami sajikan daftar 7 Megaproyek raksasa termahal di dunia.

  1. International Space Station (ISS)

Pembangunan ISS (International Space Station) adalah salah satu proyek raksasa yang sangat mahal. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangannya dapat melebihi US$1 triliun atau setara dengan Rp. 14.125 triliun sampai selesai.

ISS dibangun oleh 5 agen luar angkasa, bersamaan dengan consortium dari 15 negara. ISS dibangun pertama kali pada tahun 1994

  1. Kashagan Fields

Kashagan Fields adalah proyek pengeboran minyak di Laut Kaspia, dan mewakili penemuan minyak terbesar dalam 40 tahun terakhir. Untuk membuat proyek ini membutuhkan investasi sekitar USD116 atau setara Rp. 1.608 triliun.

Operasional dari sumur minyak ini diperkirakan bisa memproduksi 90 ribu barel per tahun mulai 2017. Total cadangan yang bisa dieksplorasi di sumur tersebut mencapai 13 miliar barel.

Para mitra yang terlibat dalam pembangunan proyek ini adalah Shell, Exxon Mobil, Total, China National Petroleum Corp, KazMunaiGas, INPEX, dan AgipKCO.

  1. King Abdullah Economic City (KAEC)

Setelah selesai, King Abdullah Economic City (KAEC) diperkirakan menelan biaya pembangunan senilai USD86 miliar atau sekitar Rp. 1.188 triliun. Berjarak 1 jam dari Mekkah, KAEC akan menjadi objek wisata baru terbesar untuk Arab Saudi. Kota ini akan mencakup beberapa hotel kelas tinggi, villa mewah, beberapa universitas bergengsi, dan bandara besar.

  1. Dubailand UEA

Konstruksi dari proyek ini sempat dihentikan pada 2008 karena krisis keuangan di Dubai, dan dilanjutkan kembali pada 2013. Investasi proyek sejauh ini mencapai USD76 miliar lebih atau mencapai Rp1.050 triliun lebih. Jika selesai, proyek ini akan menjadi salah satu tempat hiburan terbesar dan paling mahal di dunia.

5. FIFA World Cup 2022 Qatar

Dimulai sejak 2015 yang lalu, Qatar membangun sejumlah megaproyek infrastruktur di seluruh wilayah sejak terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara Teluk itu menghabiskan total dana USD200 miliar atau sekitar Rp. 2.880 triliun untuk mendirikan stadion, jalan raya, rel kereta api, rumah sakit, hotel, mal, kota, dan bandara baru.

6. Al Maktoum International Airport, Dubai

Jika selesai dibangun, bandara internasional ini akan menjadi bandara terbesar dengan pelayanan kepada lebih dari 160 juta wisatawan setiap tahunnya. Bahkan, bandara ini nantinya akan dapat menampung 200 pesawat sekaligus pada waktu bersamaan dan bisa mengoperasikan penerbangan dari lima landasan pacu. Pembangunan bandara ini pun menelan biaya hingga Rp1.100 triliun.

  1. Water Diversion Project China

China memang telah dikenal memiliki masalah pasokan air sejak lama. Bagian utara China diduduki oleh lebih dari 50 persen keseluruhan warganya. Padahal pasokannya hanya 20 persen dari sumber daya air negara. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah China mulai membangun konstruksi 3 kanal raksasa untuk memindahkan sumber daya air di selatan China dari sungai Yangtze, Yellow, Huaihe dan Haihe menuju utara dengan biaya mencapai Rp. 1.100 kuadriliun. Proyek ini direncanakan akan mampu menyuplai 44,8 meter kubik air tiap tahunnya yang melintasi 965 kilometer daratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut