Your search results

5 Tips agar Anak tetap betah di Rumah Selama Pandemi COVID-19

Posted by admin on 22 October, 2020
0

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai telah mengubah pola kehidupan. Berbagai aktifitas public dilarang sementara, salah satunya sekolah. Anak-anak yang biasa setiap hari sibuk dengan aktifitas sekolah, kini harus rela mendekam di rumah.

Tentu tak jadi soal jika sebentar, tapi ketika semua tidak jelas sampai kapan, maka kejenuhan pasti dirasakan anak-anak kita. Terlebih lagi pemerintah juga masih melakukan pembatasan ketat kegiatan-kegiatan luar ruangan. Alhasil tak ada yang bisa jadi “obat” kebosanan untuk anak-anak kita

Bahkan, lama-kelamaan ini bisa menimbulkan cabin fever, yaitu perasaan sedih, bosan, gelisah akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah.

Kejenuhan dan kebosanan di rumah bisa membuat anak-anak menjadi rewel dan susah diatur. Tentu akan merepotkan banget ya.

Nah berikut ini Admin memberikan 5 tips yang bisa dilakukan agar anak tidak bosan di rumah.

  1. Berkreasi seni

Menggambar atau mewarnai bersama, jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi kecil. Belikan si kecil buku-buku menggambar dan mewarnai di toko buku terdekat.

Selain itu bisa juga ajak anak untuk membuat hasta karya, origami dan lainnya.

  1. Masak Bersama si kecil

Untuk para ibu, momen ‘stay at home’ ini bisa dimanfaatkan untuk memasak bersama Si Kecil. Kita bisa memilih resep makanan kesukaan Si Kecil dengan bahan yang sederhana dan mudah dibuat.

Memasak bersama orang tua tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga membuatnya bisa belajar cara memasak makanan yang ia sukai. Namun, pastikan Si Kecil aman selama berada di dapur ya.

Dengan memasak bersama Bunda, Si Kecil juga akan belajar menghargai usaha Bunda untuk memasak makanan untuknya. Ke depannya, Si Kecil jadi bisa lebih mensyukuri makanan yang ia terima dan tidak membuang-buang makanan.

  1. Berkebun

Pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama Si Kecil. Jika tidak ada pekarangan di rumah, bisa mengajak Si Kecil menanam tanaman di pot.

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan.

  1. Menonton film favorit

Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Sembari menemani Si Kecil menonton film, kita dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut.

  1. Berolahraga sambil berjemur

Selama di rumah, ajaklah anak untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Tidak perlu lama-lama,cukup 15–30 menit setiap hari
Rutin berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya.

Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar Si Kecil tetap aktif bergerak supaya tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

Demikianlah beberapa aktivitas yang bisa para orang tua lakukan bersama anak untuk menghilangkan kebosanan selama berada di rumah.
Selama di rumah, Ayah dan Bunda juga bisa mencoba menjelaskan tentang virus Corona kepada anak agar ia mengerti alasan mengapa semua orang tidak diperkenankan untuk bepergian selama wabah virus Corona.
Ini juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kecemasan, jika memang anak mengalaminya.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut