Your search results

5 KEUNTUNGAN BERINVESTASI PROPERTI YANG WAJIB DIKETAHUI

Posted by admin on 1 April, 2021
0

Property merupakan salah satu investasi yang paling populer di Indonesia. Orang-orang yang bisa berinvestasi di sektor property seolah mempunyai “kelas” tersendiri di masyarakat. Suatu hal yang dengan mudah bisa dipahami sebab berbeda dengan produk investasi lainnya, investasi properti membutuhkan dana atau biaya yang besar. Meskipun modal yang dibutuhkan besar, investasi properti tetap dipertimbangkan karena sangat menguntungkan. Lantas, apa saja keuntungan investasi properti yang perlu Anda ketahui? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Harga properti terus meningkat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi properti memiliki keuntungan pada nilainya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Keuntungan tersebut bisa diperoleh dari kenaikan harga properti (capital gain) maupun dari harga sewanya (yield). Kenapa harga properti terus mengalami peningkatan?

Pertama, luas tanah yang tidak bertambah sedangkan kebutuhan akan tempat tinggal terus bertambah tiap tahun. Alasan kedua adalah mengenai lokasi yang strategis, biasanya lokasi yang dekat dengan pusat industri, pusat kota dan kampus serta fasilitas publik lainnya cenderung makin diminati bagi kalangan profesional dan generasi milenial. Karena dengan dekat dengan lokasi strategis akan mempermudah aktivitas sehari-hari.

Salah satu instrumen investasi jangka panjang

Memang, ada banyak pilihan untuk berinvestasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi jangka panjang bisa Anda jadikan pilihan untuk menjamin kebutuhan dan masa depan. Investasi properti dinilai sebagai alternatif instrumen investasi jangka panjang.

Menjadikan investasi properti sebagai investasi jangka panjang tentu akan memberikan manfaat besar. Salah satu yang utama adalah memberikan penghasilan pasif bagi investor. Penghasilan pasif tersebut diperoleh dari biaya sewa dalam periode tertentu. Jadi, selain mendapatkan income aktif dari profesi Anda, investasi properti juga bisa menjadi aset penting dalam menjaga kestabilan finansial di masa mendatang.

Capital gain yang cukup besar

Banyak orang berpikir dua kali untuk berinvestasi karena risiko-risiko yang ada. Menginvestasikan sejumlah besar uang untuk hal yang belum pasti menguntungkan memang mengkhawatirkan. Akan tetapi, bila Anda berinvestasi properti dengan baik maka akan memperoleh keuntungan yakni capital gain-nya yang cenderung naik.

Contohnya saja bila Anda membeli rumah seharga 300 juta. Bisa saja setelah lima tahun, rumah tersebut nilai investasinya meningkat menjadi Rp 600 juta karena faktor tertentu semisalnya tingkat permintaan yang tinggi di lokasi strategis. Besar sekali bukan ?

Bermanfaat sebagai agunan saat mengajukan pinjaman

Investasi properti juga bermanfaat saat Anda hendak mengajukan pinjaman. Investasi properti yang memiliki keuntungan cukup besar dan menjanjikan. Oleh karena itu, investasi ini dapat Anda manfaatkan sebagai agunan ketika mengajukan pinjaman yang akan digunakan untuk memulai investasi properti lainnya. Terlebih jika investasi properti Anda sebelumnya sudah berjalan dengan baik.

Pihak peminjam dalam hal ini bank biasanya lebih menyukai agunan berupa properti. Hal ini dikarenakan properti menjadi barang dengan fisik dan legalitasnya yang jelas serta bernilai lebih. Dari segi legalitas dapat dijamin oleh undang-undang sementara dilihat dari segi nilai, properti bisa meningkat seiring permintaan.

Bisa dilihat secara fisik

Sebagian investasi hadir tanpa bentuk fisik yang bisa Anda lihat dan rasakan, misalnya seperti investasi saham, obligasi, atau reksa dana. Tentu saja, investasi yang tidak bisa dilihat secara fisik ini tetap menghasilkan dan menguntungkan. Namun, bila Anda bisa melakukan investasi yang menguntungkan dan investasi tersebut bisa dilihat secara fisik, kenapa tidak?

Apalagi banyak orang yang sebenarnya tidak terlalu menyukai investasi yang tidak terlihat. Oleh karena itu, banyak investor yang lebih tertarik melakukan investasi properti, khususnya mereka yang memiliki modal besar. Bila Anda adalah salah satunya, investasi properti layak Anda coba.

Jadi, sekarang masihkah Anda ragu untuk mulai berinvestasi properti ? Ingat,semakin Anda menunda waktu untuk membeli property harganya akan tambah mahal tiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut