Advanced Search
More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Mengatasi Saluran Kamar Mandi Yang Tersumbat

Posted by admin on 28 December, 2019
| 0

Paling gak enak pas mandi tapi airnya tergenang, disebabkan saluran pembuangan yang tersumbat. Karena air yang tergenang adalah air kotor sisa kita mandi, hal itu bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Walaupun di ujung saluran pembuangan air kamar mandi sudah dipasangi saringan agar sampah tidak masuk, tapi saluran air masih bisa juga tersumbat.

Sumbatan air bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kerak mineral air, lemak minyak dan terutama dari rambut yang rontok ketika kita mandi. Mengatasi saluran air tersumbat sebenarnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membongkar sambungan pipa.

Pembersih Berbahan Kimia

Sejumlah produk berbahan kimia yang dijual di pasaran dapat membantu melonggarkan saluran pembuangan air. Produk ini bekerja dengan menghancurkan timbunan lemak dan kotoran yang menempel pada dinding pipa air dan memicu mampet. Jika pada percobaan pertama belum berhasil mengatasi masalah yang sering dialami pada saluran air kamar mandi atau dapur, ulangi dengan memakai alat untuk menyodok kotoran dalam pipa air.

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Buat yang memperhatikan keselamatan keluarga dan lingkungan, sebagian orang memilih bahan-bahan alami untuk mengatasi saluran pembuangan yang mampet. Salah satunya dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas, yang dapat menghilangkan sumbatan yang disebabkan oleh lemak atau minyak.

Tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air, lalu tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan. Untuk mencegah masalah ini kembali terulang, lakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

Baking Soda dan Cuka

Baking soda adalah zat basa sedangkan cuka putih asalah asam. Jika keduanya bercampur akan terjadi reaksi kimia yang akan membentuk gelembung dan ampuh menghilangkan sumbatan.

Caranya cukup mudah, Ladies. Tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pembuangan yang mampet, diikuti dengan dua cangkir air mendidih dan diamkan beberapa menit. Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa air dan ikuti dengan satu cangkir cuka yang akan menimbulkan buih dan gemuruh. Setelah hilang, bilas dengan dua cangkir air mendidih.

Membersihkan Secara Rutin

Penyumbatan pipa air, terutama di wastafel dapur dan kamar mandi, sering menyebabkan bau tak sedap. Hal ini disebabkan sisa makanan atau tumpukan rambut yang tersangkut di tengah pipa yang kemudian membusuk dan dijadikan sarang bakteri.

Untuk mencegah saluran air tersumbat terus berulang, bersihkan wastafel kamar mandi dan dapur secara rutin. Setiap seminggu sekali misalnya, hilangkan kotoran-kotoran yang dapat menghambat pembuangan air. Selain itu, jangan membuang segala sesuatu ke dalam lubang wastafel atau gunakan penyaring untuk menghadang sisa makanan hingga rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut
Powered by